Kalimat Efektif adalah kalimat yang mengungkapkan pikiran atau gagasan yang disampaikan sehingga dapat dipahami dan dimengerti oleh orang lain.

  1. Mengubah Kalimat yang tidak memperhatikan kesejajaran kata menjadi kalimat efektif.

  1. Del Rosario mengatakan kehadiran dalam jumlah besar kapal-kapal militer dan paramiliter China di gugusan pulau dalam zona ekonomi ekslusif Filipina Beting Scarborough dan Beting Second Thomas.
    Del Rosario menyebut kehadiran China di pulau-pulau ini sebagai ancaman pada usaha untuk mempertahankan ketenangan maritim dan stabilitas di wilayah itu.

Sumber : Antaranews.com

Kalimat Efektif :

Del Rosario mengatakan bahwa kehadiran dalam jumlah besar kapal kapal militer dan paramiliter China digugusan pulau dalam zona eksklusif Filipinda Beting Scarborough dan Beting Second Thomas sebagai ancaman pada usaha mempertahankan ketenangan maritim dan stabilitas didaerah tersebut.

  1. Menteri Pertanian Suswono menyatakan kondisi harga lima pangan strategis menjelang puasa, khususnya di minggu pertama Juli 2013, menjelang puasa Ramadhan ini telah menunjukkan kenaikan. Adapun lima komoditas yang harganya mulai merangkak naik itu adalah bawang merah, cabai merah, minyak goreng, daging ayam dan telur ayam.

Sumber : Kompas.com

Kalimat Efektif :

Menteri Pertanian Suswono menyatakan kondisi lima pangan strategis menjelang puasa ramadhan tahun ini telah menunjukan kenaikan, adapun lima komoditas tersebut adalah bawang merah, cabai merah, minyak goreng, daging ayam, dan telur ayam.

  1. Seorang aktivis terkemuka, Park Sang-Hak, menurut AFP, ditahan sebentar setelah ia mencoba mengendarai mobil melalui garis polisi untuk sampai ke tempat peluncuran yang direncanakan.

Sumber : Antaranews.com

Kalimat Efektif :

Menurut AFP, seorang aktivis terkemuka Park Sang-Hak ditahan sebentar setelah mencoba mengendarai mobil melalu garis polisi untuk sampa ketempat peluncuran yang direncanakan.

  1. Rumah sakit yang terletak di Distrik Baiyun itu terkenal dengan penerapan terpadu pengobatan tradisional China dan pengobatan modern Barat. Pengobatan seperti ini sedikit banyak menarik minat pasien dari luar negeri datang ke Guangzhou.

Sumber : Kompas.com

Kalimat Efektif :

Rumah Sakit yang terletak didistrik Baitun ini banyak menarik minat pasien dari luar negeri dengan penerapan terpadu pengobatan tradisional China dan pengobatan Barat.

  1. Latihan intensitas tinggi memang menjadi kunci utama untuk menurunkan berat badan karena bisa membakar lemak lebih banyak. Namun, tidak semua orang (terutama orang obesitas, paruh baya, dan pemula) sanggup melakukan latihan intensitas tinggi karena keterbatasan fisik.

Sumber : Kompas.com

Kalimat Efektif :

untuk menurunkan berat badan memerlukan latihan itensitas yang tinggi, namun tidak semua orang sanggup melakukannya karena keterbatasan fisik.

  1. Kalimat Keterangan Waktu:
  • Demi menjaga ketertiban, keamanan, dan kenyamanan beribadah selama bulan Ramadhan, Polrestabes Bandung melakukan rapat koordinasi dengan beberapa ormas Islam di Kota Bandung, Kamis (5/7/2013).
  • “Sebuah keputusan telah dibuat untuk menghilangkan bagian Astro Tower,” ujar pihak berwenang di Luna Park dalam laman Facebook resmi taman bermain itu, Rabu (3/7/2013) malam waktu setempat.
  • Elham Asghari (32), yang juga adalah pelatih renang, mengatakan berenang sejauh 18 kilometer dalam delapan jam di Laut Kaspia, sebelah utara Iran, pada 11 Juni lalu.
  1. Kalimat Keterangan Tempat:
  • Tingginya jumlah imigran asal Asia di Amerika Serikat, terutama di San Fransisco, memotivasi China Vanke melakukan ekspansi.
  • Menurut riset terbaru dari University of Otago di Selandia Baru, rutinitas jalan kaki di sela jam kantor efektif menurunkan risiko diabetes.
  • Selain karena permintaan konsumen tinggi, kenaikan harga juga dipicu akibat pasokan bunga dari para petani bunga di Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang, mulai berkurang.

 Sources: kompas.com