Pemanfaatan Grafik Komputer dan Pengolahan Citra

Pengolahan citra adalah mengolah representasi atau tiruan dari suatu benda atau objek. Ilmu grafik komputer adalah salah satu ilmu komputer dalam bidang pembuatan data seperti gambar, grafik, diagram, dan sejenisnya. Perbedaan antara grafik komputer dengan pengolahan citra adalah dalam pengolahan citra, gambar input kedalam proses pengolahan citra sudah tersedia, sedangkan pada grafik komputer dilakukan proses untuk menciptakan gambar dari awal.

Contoh pemanfaatan grafik computer dan Pengolahan citra misalnya :

1. Di Bidang Hiburan

Tidak memungkiri pada sekarang ini semua acara hiburan di Televisi banyak menggunakan grafik komputer.Mulai dari film kartun,iklan di TV dan sampai acara sinetron sekalipun sudah di selipi oleh grafik komputer.Grafik komputer disini berupa efek animasi yang dapat membuat film semakin menarik.

2. Di Bidang Pendidikan
Grafik komputer pada pendidikan digunakan untuk mempresentasikan objek-objek pada siswa secara nyata,dapat melalui power point ataupun software lainnya.Dengan penggunakan bentuk objek ini diharapkan siswa lebih nyata dalam menerima semua materi yang telah diajarkan,tidak hanya teori saja tetapi sudah melihat bentuk dan simulasinya.Bentuk ini dapat berupa penggambaran bidang,ruang,grafik,gambar kerangka manusia,susunan tubuh manusia,dan sebagainya.

3. Di Bidang Perancangan
Pada bidang ini grafik komputer digunakan untuk membuat berbagai desain dan model objek yang akan dibuat.Misalnya digunakan untuk mendesain suatu arsitektur bangunan,desain kendaraan dan lainnya.Menggunakan software desain grafis seperti auto cad semuanya akan berlangsung secara mudah dan lebih spesifik dalam perancangan yang akan dibuat.Memperkecil tinggkat kesalahan sehingga akan menhasilkan suatu model yang sama seperti aslinya.

4. Di bidang Kesehatan

Di jaman komputerisasi seperti saat ini, penggunaan computer tidak melulu berhubungan dengan pengolahan data konvensional ataupun berupa angka angka saja, dalam bidang kesehatan banyak sekali di gunakan system komputerisasi yang menggunakan grafik computer dan pengalihan citra, missal nya pada mesin USG.