Adobe Director 11.5

 

Director adalah software buatan Adobe (seperti Flash dan Dreamweaver) yang biasa digunakan untuk pembuatan CD Interaktif, Presentasi seminar dan lainnya. Adobe Director 11.5 merupakan vesi lanjutan dari Director 11 yang merupakan pengembangan dari Director 10 atau sering kita kenal dengan nama Macromedia Director MX 2004 dan untuk versi terbarunya saat ini adalah Director 11.5.8 yang baru dirilis akhir tahun 2010 kemarin. Tidak seperti Director 10, Director 11 ke atas lebih compatible untuk urusan gambar, video dan file lainnya dan juga sudah mendukung untuk windows 7 dibandingkan Director 10 yang tidak mendukung untuk windows 7 dikarenakan Director 10 merupakan software keluaran tahun 2004. Director 11.5 mampu mengimport banyak format gambar seperti:Bitmap (PSD, JPG, GIF, PNG dan lain-lain), Vector (Adobe Iilustrator, SWF), 3 Dimensi, Audio (WAV, MP3, MIDI). Performa dan kemampuan yang baik dalam hal mengelola file multimedia, Adobe Director memang luar biasa. Jika Anda Pemakai Macromedia Flash, akan terasa kemudahan dan kehandalan Adobe Director

Lembar Kerja pada Director 11.

 

 

 

1. Stage, merupakan tampilan untuk menunujukkan hasil tata letak objek pada waktu (frame) tertentu. Analoginya seperti tampilan di layar TV / panggung pertunjukkan.

2. Score, digunakan untuk mengatur urutan objek yang akan tampil agar sesuai cerita / naskah, analoginya seperti storyboard dan storyline. Di score inilah kita menentukan mana yang tampil terlebih dahulu dan mana yang akan tampil belakangan.

3. Cast member, digunakan untuk menampung objek apa saja yang siap dan bisa ditampilkan. Analoginya seperti artis yang sedang menunggu giliran tampil di panggung (stage). Satu artis bisa saja tampil berkali-kali di Stage dalam waktu yang sama atau berbeda untuk menghemat jumlah member (Cast Member).

4. Panel Property Inspector, digunakan untuk mengatur sifat/parameter yang ada pada objek. Setiap objek mempunyai keistimewaan sendiri. Analoginya seperti artis yang mempunyai sifat dan kemampuan yang khusus dan berbeda dengan artis lainnya.

5. Tools, perangkat tambahan yang akan membantu dalam membuat sebuah cerita tersebut.